Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Membangun Blog Sendiri Sebagai Bisnis Online Tanpa Modal

Posted by farah aksesoris 3 komentar

Memulai bisnis online dengan cara membangun sebuah blog atau weblog adalah cara yang cepat dan termurah, bahkan bisa disebut sebagai bisnis online tanpa modal sama sekali. Modalnya hanya dua macam, tulisan kita dan investasi waktu.

Tapi kebanyakan orang akan berkata ”Saya kan tidak bisa menulis. Sulit rasanya kalau harus mencari ide tulisan. Dan lagi saya bekerja sebagai karyawan saat ini, mana ada waktu luang…”. Ah, sebenarnya sih semua masalah tadi bisa diatasi. Gampang kok, yang penting asal kita punya keinginan dan mau sedikit berubah dan berkorban. Itu saja.

Kalau Anda pikir Anda tidak bisa menulis, coba ingat kembali waktu Anda duduk di bangku sekolah. Atau kalau Anda masih duduk di bangku sekolah saat ini, tentu ingatkan ketika belajar mengarang. Buktinya kita bisa tuh menulis.

Soal ide tulisan…sebenarnya kita punya banyak sumber ide kok. Anda punya hobi tertentu, itu juga sumber ide yang layak jual. Atau sekarang kita sedang bekerja di suatu perusahaan pada bagian tertentu, mahasiswa yang baru lulus, murid SMA, atau suka baca koran tiap hari, itu pun semuanya merupakan sumber ide yang juga dapat Anda manfaatkan.

Nah sekarang kita mulai langkah-langkah apa saja yang mesti kita lakukan untuk membangun sebuah blog, yang nantinya dapat dijadikan sebagai bisnis online kita. Ingat, bisnis online yang kalau dimulai sekarang, suatu saat kalau kita nanti sudah pensiun tentu akan dapat dibayangkan seperti apa hasilnya. Nah sekarang yuk kita mulai langkah demi langkah satu per satu.

  1. Tentukan topik atau tema blog yang akan Anda buat. Misalnya Anda suka membaca banyak koran. Maka Anda boleh pilih tema mengenai berita-berita yang ada dalam koran yang Anda baca. Bisa juda ditambahkan dengan komentar atau ulasan dari Anda.

  2. Pilih kata kunci atau keywords yang akan Anda gunakan. Apakah keyword yang akan Anda gunakan populer atau tidak, dan apakah keyword yang akan Anda gunakan memiliki tingkat persaingan yang masih bisa Anda atasi atau tidak. Ini sangat penting lho. Untuk mempermudahnya Anda bisa mendowload software gratis untuk mencari keyword yang populer atau banyak dicari orang, seperti yang ditawarkan oleh Goodkeywords. Atau memanfaatkan data basenya wordtracker.com. Wordtracker.com memiliki data base 1,000 keyword terpopuler. Pilihlah sebanyak mungkin keyword yang berhubungan dengan tema yang Anda pilih tadi.

  3. Memilih blog hosting yang tepat dan user friendly. Sebagai pemula dalam bisnis online saya sarankan untuk menggunakan blogger.com. Kunjungi blogger.com dan buat blog. Yang harus diperhatikan betul-betul adalah title dan alamat blog (namablog.blogspot.com) harus berisikan keyword yang telah Anda pilih. Tujuannya adalah untuk Search Engine Marketing.

  4. Mulailah menulis (artikel) atau start new post. Untuk permulaan Anda bisa menuliskan ucapan selamat datang kepada pengunjung blog Anda. Atau Anda utarakan isi blog Anda ini. Lakukan paling sedikit tiga kali tiap minggunya.

  5. Mulai promosikan blog Anda dengan mengirimkannya ke Google, Yahoo dan MSN. Dan jangan lupa kirimkan pula ke blog directory. Ingat, sebagus apapun isi blog Anda tidak akan berarti apa-apa tanpa pengunjung

  6. Agar blog yang telah dibuat bisa menghasilkan uang, sign up ke free affiliate program. Saya sarankan Anda mengikuti Pay Per Click (PPC) affiliate program saja. Ibaratnya Anda menyewakan space di blog kepada orang lain untuk memasang iklan. Selain simple, hanya dalam hitungan menit bisnis online Anda sudah bisa menghasilkan uang (dollar). Anda akan dibayar setiap kali pengunjung mengklik iklan yang tayang di blog Anda, baik terjadi transaksi atau tidak. Tinggal sekarang, affiliate program yang akan Anda pilih bergantung pada bahasa yang digunakan dalam blog Anda. Untuk yang berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, memang banyak pilihan, seperti diantaranya Ask2link, kumpulblogger, atau Blogvertise.

  7. Agar bisnis online Anda cepat sukses, saya sarankan buatlah jadual menulis artikel (post) untuk blog dan mempromosikannya. Miliki catatan. Setiap Anda mengubah atau menambahkan sesuatu ke dalam blog catat secara detail, agar Anda tahu perubahan apa yang dapat meningkatkan penghasilan dari blog Anda.

Selamat mencoba, mulai sekarang juga. Dan ingat selalu… semua ada ilmunya.