Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Penambahan Link

Posted by farah aksesoris 0 komentar

Pada artikel sebelumnya kita telah dikenalkan pada konsep URL (Uniform Resourse Locator), yakni pada dasarnya semua resource yang ada di Internet memiliki alamat sendiri. Selanjutnya kita juga telah memahami konsep hypertext dari sebuah file HTML yang memungkinkan dibuat suatu link yang menghubungkan pada bagian lain dari dokumen HTML atau langsung mengarah pada suatu resource Internet tertentu.

URL yang digunakan untuk mengimplementasikan penambahan link pada suatu page dapat kita sederhanakan dalam model berikut :

Bagaimana://Siapa/Dimana/Apa

Bagaimana

Pada bagian pertama dari URL ini adalah menunjukkan bagaimana cara data dikirimkan atau ditransmisikan melalui media jaringan. Secara teknis lebih sering kita sebut dengan istilah protokol. Misalnya untuk aplikasi World Wide Web ini kita menggunakan protokol yang disebut dengan protokol HTTP. Oleh karena itu pada bagian awal URL ini kita deklarasikan:

http://

Siapa

10 Steps To A Google Friendly Page

Pada bagian selanjutnya menjelaskan "siapa" yang memiliki URL. Bagian ini berisi nama komputer tempat resource Internet tersebut berada. Istilah yang lebih teknis kita sebut dengan hostname. Misalkan page kita diletakkan di mesin www.yahoo.com maka penambahan URL sampai dengan bagian ini menjadi:

http://www.yahoo.com

Dimana

Bagian selanjutnya menunjukkan lokasi yang lebih spesifik tempat menyimpan resource Internet tersebut. Secara fisik bagian ini berisi nama direktori tempat penyimpanan resource yang bersangkutan.

http://www.yahoo.com/Home

Apa

Bagian terakhir ini menunjukkan nama file yang akan kita gunakan. Untuk aplikasi web file ini berisi kode-kode HTML dan teks. Secara keseluruhan URL dapat dituliskan sebagai berikut:

http://www.yahoo.com/Home/homepage.html

Pembuatan link dalam suatu file HTML dapat dilakukan dengan menggunakan tag <A> yang diikuti dengan parameter referensinya HREF.

<A HREF="URL">

Contoh penggunaanya:

<A HREF=http://www.yahoo.com/Home/homepage.html> Klik di sini </A>

Selain link yang mengarah ke luar, contohnya mengarah ke file lain, web site lain atau ke resource lain, kita dapat juga menggunakan internal link untuk menunjukkan suatu bagian tertentu dari sebuah naskah HTML. Internal link ini sering dikenal dengan istilah Anchor. Tag ini digunakan untuk menandai bagian naskah yang nantinya akan ditunjuk oleh HREF (Hypertext REFerence).

<A NAME="Nama">Bagian teks yang akan diberi tanda</A>

Contoh penggunaannya:

<A NAME="Bagian1">Bagian 1</A>

maka untuk merujuknya digunakan:

<A HREF="#Bagian1">Klik di sini untuk menuju Bagian 1</A>

Penambahan Link

Bersambung ke : Penyisipan Gambar