Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Struktur Dasar Web Page

Posted by farah aksesoris 0 komentar

File-file HTML dapat ditampilkan sesuai dengan keinginan kita seperti pada contoh-contoh sebelumnya adalah karena terdapat marker yang diimplementasikan dalam bentuk tag-tag HTML. Secara umum format tag HTML tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

<TAG>Teks yang akan dipengaruhi oleh tag</TAG>

Sebagai contoh kalau kita akan membuat tulisan dalam format tebal maka yang harus kita tuliskan dalam file HTML adalah:

<B>Tulisan yang tercetak tebal</B>

Tanda slash (/) menunjukkan akhir dari suatu tag, akan tetapi ada juga beberapa tag HTML yang tidak memerlukan pasangan akhirannya ini.

Tag yang paling dasar yang digunakan dalam file HTML adalah <HTML> dan </HTML>. Kedua tag ini berfungsi untuk mendefinisikan bahwa teks yang terdapat di antara kedua tag tersebut adalah dalam format HTML.

<HTML>

Teks

</HTML>

Untuk mendefinisikan head, kita dapat menambahkan tag <HEAD> dan </HEAD>

setelah penggunaan tag <HTML> sedemikian hingga struktur page menjadi :

<HTML>

<HEAD>

</HEAD>

</HTML>

Sedangkan bagian body adalah tempat dimana kita dapat menempatkan teks dan berbagai aksesori pendukung lainnya yang akan ditampilkan pada web page. Bagian ini dapat didefinisikan dengan meletakkan tag <BODY> dan </BODY> di antara teks yang akan kita tampilkan. Kedua tag ini diletakkan sesudah tag </HEAD>, sehingga struktur dasar sebuah page dapat dituliskan sebagai :

<HTML>

<HEAD>

</HEAD>

<BODY>

</BODY>

</HTML>

Untuk mendefinisikan judul page (title) maka kita dapat melakukannya dengan meletakkan naskah judul di antara tag <TITLE> dan </TITLE>. Judul ini akan ditampilkan pada title bar web brower Misalkan kita akan membuat sebuah page dengan judul "Latihan HTML" maka kita harus menambahkan:

<TITLE>Latihan HTML</TITLE>

Perhatikan bahwa tag <TITLE> dan </TITLE> ini harus diletakkan pada bagian head, sehingga dokumen HTML dasar kita menjadi:

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>Latihan HTML</TITLE>

</HEAD>

<BODY>

Teks yang akan ditampilkan pada bagian body

</BODY>

</HTML>

Pada file HTML, karakter carriage returns (Enter) diabaikan, sehingga untuk membuat atau mendefinisikan naskah dalam bentuk paragraf harus ditambahkan tag khusus yakni <P>. Sebagai contoh kita dapat menampilkan beberapa paragraf sekaligus dalam satu dokumen HTML.

<HTML>

<HEAD>

<TITLE>Latihan HTML</HTML>

</HEAD>

<BODY>

Teks yang akan ditampilkan pada bagian body

<P>Paragraf satu </P>

<P>Paragraf dua </P>

</BODY>

</HTML>

Bersambung ke : Format Teks Dasar