Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Trick Dasar Membuat Homepage Untuk Pemula

Posted by farah aksesoris 1 komentar

Microsoft Word 97 menyediakan fasilitas untuk membuat halaman web (selanjutnya disebut homepage) dengan mudah, terutama bagi mereka yang sudah menguasai aplikasi word processing, khususnya MS Word, namun malas atau mengalami kesulitan untuk mempelajari HTML (Hypertext Markup Language) sebagai komponen dasar perancangan homepage.

Cara termudah untuk pemula dalam membuat homepage dengan mempergunakan MS Word 97 adalah dengan merancang homepage layaknya dokumen tertulis biasa, atau lebih tepat dikatakan sebagai perancangan buletin / brosur mengenai diri kita lengkap dengan gambar (gunakan perintah insert --> picture --> ...from file, lalu cari nama file gambar yang akan dimasukkan) atau clipart (gunakan perintah insert --> clipart, lalu pilih gambar yang disukai dari clipart gallery yang tersedia). Setelah selesai, gunakan menu File --> Save as HTML, dan dokumen kita sudah tersimpan sebagai sebuah homepage dengan ekstensi .html yang bisa dibaca dengan menggunakan browser (Netscape/Internet Explorer).

Bagi blogger pemula dengan sedikit keterampilan komputer dapat membuat homepage sendiri (secara offline) menggunakan tool-tool yang familiar dan cukup mudah digunakan seperti :

  • Microsoft Word 97
  • Microsoft FrontPage Express (disertakan dalam MS Internet Explorer)
  • Windows 98 (bukan 98SE)
  • Microsoft FrontPage
  • Netscape Composer (disertakan dalam Netscape Communicator 4.x)
  • Dreamweaver

Berikut ini cara membuat satu halaman web dengan ketiga tool di atas.

Microsoft Word 97/2000/XP
Membuat halaman web menggunakan MS Word 97 sangat mudah. Anda tinggal membuat suatu dokumen/tulisan seperti membuat file word biasa lalu pilih menu File--> Save as...--> pilih file type HTML (paling bawah) dan press OK. dan file anda akan tersimpan dengan ekstensi .html dan bisa dibuka dengan MS Internet Explorer atau Netscape Navigator. Cara lain dapat dilakukan dengan memilih menu File-->New lalu pilih tab Web Pages pada pop-up window yang muncul lalu pilih salah satu template yang tersedia. Jika memilih web page wizard Anda akan dituntun langkah demi langkah menciptakan halaman web yang profesional (dalam bahasa Inggris tentunya)

Microsoft FrontPage Express
Anda bisa memulai dengan memilih File-->New, bila keluar pop-up window, pilihlah salah satu tutorial yang tersedia, ikuti langkah demi langkah sampai selesai dan setelah selesai dapat anda edit sendiri dan disimpan dengan ekstensi .htm dan dapat dibaca dengan browser.

Netscape Composer
Penggunaannya mirip dengan FrontPage Express,namun nemiliki keunggulan yaitu dengan sekali klik pada tombol preview, rancangan anda dapat langsung disaksikan dalam browser, dan dilengkapi dengan tool untuk upload ke server. namun, tidak disediakan wizard/tutorial untuk pembuatan halaman web. Anda harus merancang sendiri dengan pendekatan desktop publishing. Jangan takut dengan karakter-karakter kontrol (tag) HTML yang dimunculkan, (berupa bentuk panah/trapesium), itu tidak akan terlihat di browser.

Sebelum mulai membuat halaman web sendiri kita perhatikan mengenai istilah hyperlink, yaitu properti yang mengaitkan suatu objek (gambar/tulisan) ke sumber daya internet seperti website lain (http), mail (mailto), atau FTP (ftp) yang biasanya terlihat di browser sebagai tulisan bergaris bawah berwarna biru dan bisa diklik. Hyperlink ini adalah komponen dasar suatu halaman web.