Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Kiat dan Strategi Membuat Blog

Posted by farah aksesoris 0 komentar

blogger_logo MEMBUAT blog itu sangat mudah dan murah. Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Technorati pada tahun 2007, setiap hari ada lebih dari 120.000 blog baru.

Angka ini mengisyaratkan satu hal: PERSAINGAN KETAT! Itu sebabnya jika saat ini Anda akan membuat blog, maka Anda harus membuat blog yang menonjol di antara kerumunan blog yang ada. Jika tidak, maka sedikit orang yang akan meminati blog Anda. Buat apa susah-susah membuat blog jika tidak ada yang mengaksesnya?

Sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya Anda memeriksa diri lebih dulu apakah Anda memang cocok untuk memiliki blog atau tidak. Caranya dengan mengecek kesukaan Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

Apakah Anda Suka Berselancar di Dunia Maya?

Untuk menjadi penulis blog yang baik, Anda harus menyisihkan banyak waktu untuk menjelajahi dunia internet. Ngeblog tidak berhenti setelah Anda selesai menulis dan mempublikasikannya. Anda masih punya tanggungjawab untuk mempromosikannya, menjawab komentar-komentar dari pengunjung, memperbaiki tulisan, dan mencari topik untuk tulisan berikutnya. Hal ini membutuhkan dedikasi dan komitmen untuk memberikan waktu, perhatian dan dana untuk beraktivitas di dunia internet. Jika Anda sangat menyukai dunia internet, maka Anda akan sangat menikmati aktivitas ngeblog.

Apakah Anda Suka Menulis?

Jika Anda tidak memiliki kerinduan untuk menulis, maka ngeblog tidak cocok untuk Anda. Sebagian besar aktivitas ngeblog adalah menulis, baik itu membuat tulisan baru, memberi komentar pada tulisan orang lain, menanggapi komentar orang lain pada tulisan Anda atau pun mendiskusikan topik tertentu. Jika Anda merasa belum mahir menulis, Anda tidak perlu khawatir karena keahlian menulis itu dapat dipelajari dan dilatih. Yang terpenting adalah Anda memiliki kerinduan (passion) untuk menulis.

Apakah Anda Suka pada Topik Tertentu?

Anda harus benar-benar menyukai topik tertentu, sehingga Anda terdorong untuk membagikannya kepada orang lain, membujuk orang untuk mengaksesnya dan membuat mereka kembali lagi pada blog Anda di lain waktu. Jika Anda tidak memilikinya, maka Anda akan kesulitan untuk mengembangkan blog Anda. Dengan memiliki topik yang Anda sukai, maka setiap kali Anda log in, maka Anda melakukannya dengan senyum mengembang. Sebagai contoh, Anda menyukai alam dan memiliki hobi berpetualang. Dengan menetapkan penyelamatan alam sebagai topik blog Anda, maka Anda akan memiliki segudang bahan tulisan untuk ditambahkan pada blog Anda.

Apakah Anda Suka Berdisiplin?

Jika Anda menghendaki agar blog Anda menonjol, maka Anda harus berdisiplin dalam merawat dan memelihara blog Anda. Anda harus memberikan komitmen waktu, pikiran, dan dana untuk ngeblog, dan berdisiplin untuk menepatinya.

Apakah Anda Suka Mengungkapkan Pendapat dan Gagasan?

Sebagai seorang blogger, maka Anda harus berani mengungkapkan pendapat Anda pada seluruh komunitas maya.  Dalam dunia maya ini kita memang dimungkinkan untuk menyembunyikan identitas kita yang sebenarnya. Kita dapat mempublikasikan berbagai pendapat dan komentar menggunakan berbagai nama samaran. Namun karena kita akan bermaksud menyampaikan kabar baik, maka kita pun harus menunjukkan niat yang baik juga. Dalam hal ini kita perlu memberikan identitas yang sejujurnya.

Intergritas dari pemberi pesan akan mempengaruhi penerimaan pesan yang disampaikan. Jika identitas seseorang belum jelas, maka si penerima pesan cenderung ragu-ragu untuk menerima pesan yang disampaikannya. Itu sebabnya, Anda harus suka mengungkapkan pendapat Anda secara terbuka, tanpa menggunakan identitas samaran.

Apakah Anda Suka Belajar Hal Baru dan tidak Alergi pada Teknologi?

Kegiatan ngeblog membutuhkan pengetahuan tentang dunia internet dan penguasaan program komputer. Teknologi cyber mengalami perkembangan yang pesat. Untuk itu kita harus bersedia untuk belajar pada hal-hal yang baru. Jika Anda merasa tidak menguasai seluk-beluk komputer, Anda tidak perlu khawatir. Dari hari ke hari, teknologi komputer dikembangkan supaya semakin ramah kepada pengguna (user friendly).  Yang penting Anda memiliki kesediaan untuk belajar. Dengan mengikuti perkembangan teknologi, maka blog Anda akan tetap eksis.

Apakah Anda Suka pada Tantangan?

Pemilik blog harus berani mengambil risiko untuk mengembangkan blognya sehingga diakses oleh banyak orang. Dia memandang hambatan sebagai peluang untuk menjajal kemampuannya dan untuk belajar hal-hal yang baru. Adrenalinnya memuncak setiap kali melihat ada tantangan yang dapat meningkatkan kualitas blognya.

Jika Anda memberikan jawaban “ya” pada pertanyaan-pertanyaan di atas, maka blog memang untuk Anda. Untuk lebih memantapkan tekad Anda, maka berikut ini disajikan sembilan manfaat yang diperoleh dengan ngeblog: (bersambung)