Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Raih Kesempatan Dengan Membuat Blog

Posted by farah aksesoris 0 komentar

Jauh hari sebelum blog booming telah ada beberapa layanan untuk membantu orang membuat web dengan mudah. Contohnya tripod, geocities, dll. Tetapi sejak tahun 2002 kondisi itu berubah, sehingga semua dapat membuatnya tanpa ada hambatan tradisional yaitu kendala teknis.

Blog merupakan singkatan dari kata "web+ log" yang artinya catatan di dalam web. Istilah "weblog" pertama kali dilansir oleh Jorn Barger ( http://en.wikipedia.org/wiki/Jorn_Barger)  pada 17 Desember 1997. Sedangkan singkatan Blog dibuat oleh Peter Merholz, yang sebenarnya membuat plesetan dari kata weblog menjadi we blog di blog Peterme.com. Tak lama kemudian, Evan Williams ( http://en.wikipedia.org/wiki/Evan_Williams_%28blogger%29 ) pada perusahaan Pyra Labs ( http://en.wikipedia.org/wiki/Pyra_Labs ) menggunakan kata "Blog" sebagai kata benda dan kata kerja ("to blog" atau ngeblog berarti menyunting weblog atau memasang tulisan baru di weblog), kemudian semakin  mempopulerkannya dengan meluncurkan produk Blogger http://en.wikipedia.org/wiki/Blogger_%28service%29

Catatan-catatan (yang disebut sebagai posting)pada Blog sebenarnya menyerupai tulisan pada sebuah halaman web umum. Bedanya, tulisan-tulisan blog lebih sering diperbaharui dan dimuat dalam urut terbalik dengan menganut prinsip ”first in-first out”. Tulisan yang paling baru berada di urutan paling atas, diikuti dengan tulisan yang lebih lama ada di bawahnya.

Media Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja. Blog sesungguhnya adalah website juga. Namun pada website normal ada satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk menambahkan konten baru – yaitu masalah teknis. Meskipun sudah ada CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih di luar jangkauan pengguna web umumnya.

Blog sudah mengubah hal ini. Mereka menyediakan sebuah sistem publikasi konten yang begitu mudah digunakan oleh kebanyakan pengguna web. Dengan sedikit latihan, mereka bisa mempublikasikan konten ke World Wide Web.

Membuat webiste normal itu dapat diibaratkan dengan orang yang akan membuat toko. Dia harus membeli atau menyewa lahan lebih dulu, kemudian membuat rancangan bangunan toko, menyewa tukang untuk membangunnya, lalu mengisi toko dengan barang-barang dagangan. Hal yang sama harus dilakukan oleh pemilik

website normal:

  1. Dia harus membeli nama domain (nama toko)
  2. Menyewa webhosting (lahan toko)
  3. Merancang tampilan dan membangun situs
  4. Mengisi situs dengan tulisan, gambar, audio dan/atau video.

Sedangkan dalam blog, langkah 1-3 dapat dilewati. Kita cukup memasukkan data-data yang dibutuhkan, seperti nama pengguna (user name), kata sandi (password), nama blog, dan alamat email. Maka dalam waktu kurang dari 10 menit, Anda sudah memiliki blog sendiri. Anda sudah dapat langsung memajang ”barang dagangan” berupa tulisan, gambar, audio dan/atau video di blog Anda.