Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Pengenalan Tampilan Dreamweaver

Posted by farah aksesoris 0 komentar

Bagian satu : Dreamweaver Work Area

Kita mulai dengan overview dari dreamweaver work area atau daerah kerja dreamweaver.

  • Jika anda belum masuk ke dalam program dreamweaver, klik 2 kali pada
    icon shortcut dreamweaver atau klik pada start menu pilih program lalu
    pilih program macromedia dreamweaver 4 , klik 1 kali pada icon
    dreamweaver 4.
    Pada area kerja dreamweaver 4 akan tampak seperti di bawah ini :

Tutorial Pembuatan Website

  • Pada tampilan di atas adalah tampilan dimana dokumen yang akan anda buat dan edit.
  • Pada object panel terdapat icon-icon yang dapat anda klik untuk memasukkan object pada dokumen anda dan untuk merubah cara anda dalam pembuatan halaman web.
  • Launcher bar terdapat button-button untuk membuka dan menutup panel-panel icon dimana anda sering menggunakannya dalam bekerja.
  • Pada property inspector ditampilkan properti-properti dari object atau text yang dipilih dan anda dapat memodifikasi properti tersebut.
    (contoh = jenis text, ukuran text, dan sebagainya)
    Untuk membuka tampilan windows, inspector dan panel-panel, gunakan menu Window. Beri tanda check untuk memilih tampilan mana yang anda perlukan pada tampilan window.

Document Window

Pada baris judul dari tampilan document window ditunjukkan judul halaman, nama folder dan nama file ada dalam tanda kurung. Bila file anda belum disimpan akan terdapat tulisan unsaved.

Status bar, didapat pada bagian paling bawah document window, menunjukkan informasi-informasi tentang dokumen yang sedang anda buat.

Tutorial Pembuatan Website

Pada tag selector menampilkan HTML control pada text atau object yang anda pilih. Klik salah satu text atau object maka pada tag selector akan tampak HTML control, contoh anda dapat mengklik pada dokumen window, pada tag selector akan tampak tulisan <body> disini menunjukan anda sedang bekerja pada body dari dokumen secara HTML. Pada Window size pop-up menu dapat melihat ukuran window yang ditampilkan dan anda dapat mengedit tampilan ukuran yang anda inginkan.

Disebelah kanan menu window size pop-up dapat anda lihat ukuran besarnya file dokumen dan waktu yang dibutuhkan untuk download file pada tampilan window.

Launcher bar yang terdapat di sebelah kanan bawah pada tampilan window, pada setting awal launcher bar buttons akan menampilkan Asset panel, HTML styles panel, CSS styles panel, Behaviors panel, History panel dan Code inspector.

Mengatur ukuran window

Pada status bar di dokumen window menampilkan dimensi atau ukuran window saat itu (dalam pixel). Jika anda mengklik ukuran window ini, Dreamweaver menampilkan menu window size pop-up, dimana anda dapat mengatur ukuran yang cocok untuk tampilan pada monitor anda. Untuk mendesain sebuah halaman pada ukuran spesifik yang terbaik, anda dapat memilih pada ukuran yang sudah ditentukan, mengatur ukuran yang sudah ditentukan itu sesuai dengan keinginan anda atau membuat ukuran baru.

Tutorial Pembuatan Website

Catatan : Pada ukuran window menggambarkan ukuran dimensi pada browser. Untuk contoh, anda menggunakan ukuran “536 x 196 (640 x 480, default)” jika pengunjung situs anda yang menggunakan Microsoft Internet Explorer atau Netscape Navigator, maka konfigurasi tampilan mereka 640 x 480.

Tutorial Pembuatan Website bersambung ke : Pengenalan Tampilan Dreamweaver Bagian dua

1. Tutorial Halaman 1.    dan ini    2. Tutorial Halaman 2.