Ragam Bisnis Online Blogger Yang Populer Saat Ini Dan Paling Banyak Peminat Serta Popular Dengan Menggunakan Media Website

Toolbar Object Panel dan Property Inspector Dreamweaver

Posted by farah aksesoris 1 komentar

Bagian Dua : Dreamweaver Toolbar, Object Panel dan Property Inspector

TOOLBAR

Toolbar dreamweaver terdapat button-button yang dapat anda pilih dalam menampilkan dokumen anda secara cepat : Code (HTML), desain, dan gabungan keduanya yaitu tampilan secara HTML dan desain.Toolbar juga menampilkan button-button perintah yang terdapat pada sebelah kanan nama dokumen.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector Dreamweaver

  • Untuk menampilkan dan menyembunyikan Toolbar, pilih menu View > Toolbar.
  • Untuk tampilan dokumen secara kode atau HTML , klik button Code View pada toolbar. Disini anda dapat mengedit atau membuat halaman web anda secara HTML 
  • Untuk tampilan dokumen secara kode dan desain, klik button Code & Design View
  • Untuk tampilan dokumen secara desain, klik button Design View.  Disini anda bisa mengedit atau membuat halaman web anda secara visual.
  • Untuk merubah nama dokumen, klik pada title lalu rubah nama dokumen sesuai dengan keinginan anda.
  • Anda dapat melihat halaman web secara browser (Internet Explorer) dengan mengklik button Preview Browser.
  • Pada Options menu, anda dapat memilih tampilan desain yang anda inginkan , contoh : anda dapat menambahkan tampilan Rulers(garis ukuran) untuk memudahkan anda dalam mendesain sebuah web.

OBJECT PANEL

Pada Object panel terdapat button-button untuk membuat dan memasukkan object seperti tabel, layer dan images. Untuk menampilkan dan menyembunyikan Objects panel, pilih menu Window > Objects.

Memasukkan sebuah Object :
Klik icon button pada Object panel, tergantung pada object yang dipilih setelah anda mengkik salah satu button maka akan tampil Dialog Box yang harus anda isi untuk memasukkan object tersebut.
Object panel terdiri dari 7 kategori : Character, Common, Form, Frames, Head, Invisibles dan Special. Semua kategori tersebut menampilkan button untuk merubah tampilan : Standard dan Layout.

Untuk saat ini kita hanya akan membicarakan kategori Common atau kategori yang umum dan biasa dipakai dan kategori Character.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector Dreamweaver

Kategori Common

Kategori Common pada Object panel terdiri dari :

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverImage Memasukkan sebuah gambar atau image pada cursor. Dialog Box akan tampil sehingga anda dapat secara spesifik memilih file image yang anda inginkan.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverRollover Image Anda dapat secara khusus memilih 2 file image yang akan anda masukkan dan membuat 2 file image tersebut ditampilkan secara rollover. Rollover adalah bila sebuah gambar atau image akan berubah menjadi gambar yang lain bila mouse pointer dikenakan pada image tersebut.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverTable Menempatkan atau membuat tabel.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverTabular Data Membuat tabel, lalu mengisi tabel tersebut dengan data dari file yang lain (seperti Microsoft Excel atau dari database).

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverNavigation Bar Memasukkan beberapa image untuk Navigasi masuk ke site yang lain.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverHorizontal Rule Menempatkan garis horizontal pada halaman web.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverLayer Membuat sebuah layer. Klik button layer, lalu tempatkan mouse pointer pada halaman kerja dan drag untuk mengatur ukuran dan lokasi dari layer tersebut.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverE-Mail Link Membuat link sebuah e-mail.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverDate Menempatkan tanggal pada halaman web. Dialog Box akan muncul untuk spesifikasi format dari tanggal, Dreamweaver akan mengupdate dari tanggal secara otomatis setiap kali anda menyimpan file.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverServer-Side Include Memasukkan server-side termasuk dalam web page. Dialog Box akan tampil dimana anda dapat memilih sumber file yang ada di server.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverFireworks HTML Memasukkan file HTML yang sudah dibuat atau sudah ada yang dibuat dari program Fireworks.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverFlash Button Memasukkan Flash Button pada halaman web.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverFlash Text Membuat Flash text object.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverShockwave Menempatkan movie dari Macromedia Shockwave pada halaman web. Dialog Box akan muncul agar anda dapat memilih sumber file DCR daripada movie, atau anda dapat menggunakan Property inspector untuk menspesifikasi sumber file.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverGenerator Menempatkan object Macromedia Generator pada halaman web.

Layout and View
Pada bagian View daripada Object panel terdapat button-button untuk
anda pilih mode tampilan, Standard atau Layout.
imageDraw Layout Cell Membuat tabel cell secara individu pada tampilan Design View.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverDraw Layout Table Membuat tabel secara individu pada tampilan Design View.

Kategori Character

Pada kategori ini anda dapat memasukkan macam-macam karakter dari teks atau object. Pilih kategori Charackter ini dengan mengklik button paling atas di Object panel, pilih Character.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector Dreamweaver                             Toolbar Object Panel dan Property Inspector Dreamweaver

Kategori Character ini terdiri dari :

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverLine Breaking , membuat alinea baru.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverNon-Breaking Space , memasukkan spasi pada teks atau object.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverCopyright , memasukkan karakter Copyright.

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverRegistered , memasukkan karakter registered

Toolbar Object Panel dan Property Inspector DreamweaverTrademark , memasukkan karakter Trademark

Dan berbagai macam karakter yang bisa anda masukkan pada dokumen anda.